Laman

Minggu, 21 September 2014

Karakteristik Pohon Jati (Tectona Grandis)



Bentuk fisik keseluruhan dari jati merupakan Pohon besar dengan batang yang bulat lurus, tinggi total mencapai sekitar 40 meter. Batangnya dapat mencapai 18-20 m. Pada hutan-hutan alam yang tidak terkelola ada pula individu jati yang berbatang bengkok-bengkok. Sementara varian jati blimbing memiliki batang yang berlekuk atau beralur dalam dan jati bambu nampak seolah berbuku-buku seperti bambu. Produk mebel/jual mebel erat kaitannya dengan pohon jati yang memiliki kulit batang coklat kuning keabu-abuan, terpecah-pecah dangkal dalam alur memanjang batang dan seringkali masyarakat indonesia salah mengartikan jati dengan tanaman jabon (antocephalus cadamba) padahal mereka dari jenis yang berbeda.

Pohon jati jepara
Pohon jati atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Tectona grandis sp dapat tumbuh hingga selama ratusan tahun dengan ketinggian 40-45 meter dan diameter 1,8-2,4 meter. Namun, pohon jati rata-rata mencapai ketinggian 9-11 meter, dengan diameter 0,9-1,5 meter. Pohon ini biasa dimanfaatkan untuk futniture jepara berkualitas/jepara furniture minimalis dalam memenuhi perabotan rumah tangga.

Pohon jati yang dianggap baik adalah pohon yang bergaris lingkar besar, berbatang lurus, dan sedikit cabangnya. Kayu jati terbaik biasanya berasal dari pohon yang berumur lebih daripada 80 tahun. Harga mebel jati jepara dan jual jati jepara adalah produk yang dihasilkan. 

Pohon jati saat baru ditanam
Daun pohon jati umumnya besar, bulat telur terbalik, berhadapan, dengan tangkai yang sangat pendek. Daun pada anakan pohon berukuran besar, sekitar 60-70 cm × 80-100 cm, sedangkan pada pohon tua menyusut menjadi sekitar 15 × 20 cm. Berbulu halus dan mempunyai rambut kelenjar di permukaan bawahnya. Daun yang muda berwarna kemerahan dan mengeluarkan getah berwarna merah pekat apabila diremas. Ranting yang muda berpenampang segi empat, dan berbonggol di buku-bukunya.

Sedangkan bunga majemuk terletak dalam malai besar, 40 cm × 40 cm atau lebih besar, berisi ratusan kuntum bunga tersusun dalam anak payung menggarpu dan terletak di ujung ranting, jauh di puncak tajuk pohon. Taju mahkota 6-7 buah, keputih-putihan, 8 mm, berumah satu. Buah berbentuk bulat agak gepeng, 0,5 – 2,5 cm, berambut kasar dengan inti tebal, berbiji 2-4, tetapi umumnya hanya satu yang tumbuh. Buah tersungkup oleh perbesaran kelopak bunga yang melembung menyerupai balon kecil. Nilai Rf pada daun jati sendiri sebesar 0,58-0,63.

Untuk mengetahui info lebih lengkap mengenai seputar pohon jati, silakan kunjungi kami di http://susangallery.co.id atau hubungi melalui nomer kontak di 021-87745100 / 085733047546 Rudi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar